fbpx

Business Model Canva (BMC) adalah sebuah tools yang dikembangkan oleh Alexander Osterwalder, yang dipopulerkan melalui bukunya Business Model Generation. BMC dikembangkan untuk membantu organisasi bisnis dan pengusaha pemula untuk memetakan dan melakukan analisa terhadap model bisnis mereka.

Apa sebenarnya Business Model Canvas?

Secara umum, BMC dikembangkan dengan mempertimbangkan 9 blok utama yang harus diperhatikan dalam memetakan model bisnis. Kesembilan blok utama ini, semua terangkum dalam satu canvas (1 halaman). Inilah yang juga membuat BMC unggul karena dengan kesederhanaannya yang hanya terdiri dari 1 halaman ini, ternyata powerful untuk memberikan pemahaman tentang model bisnis secara utuh.

Berikut adalah penampakan dari Business Model Canvas,

Tampilan halaman Business Model Canvas (BMC)

Tampilan halaman Business Model Canvas (BMC)

Kesembilan blok yang ada di BMC tergabung dalam 1 kanvas, yang mewakili kunci utama pendorong keberhasilan suatu bisnis,

  1. Customer Segments : Siapa konsumen Anda? Seperti apa deskripsi orang yang ingin masalahnya Anda pecahkan? Bagaimana karakteristik mereka? Apa yang mereka pikirkan? Rasakan? Lakukan?
  2. Value Proposition : Solusi apa yang Anda tawarkan ke konsumen Anda? Apa yang menarik dari solusi Anda? Apa yang membuat konsumen mau memilih, membeli, dan menggunakan value Anda?
  3. Channels : Bagaimana cara agar value / solusi masalah Anda bisa sampai ke tangan konsumen?
  4. Customer Relationship : Bagaimana cara Anda berinteraksi untuk menjaga loyalitas konsumen?
  5. Revenue Streams : Bagaimana cara bisnis menghasilkan uang dari valueyang ditawarkan?
  6. Key Activities : Apakah aktivitas kunci atau strategi kompetitif yang dilakukan bisnis untuk menciptakan value proposition nya?
  7. Key Resources : Apa saja sumber daya yang harus dimiliki perusahaan agar dapat kompetitif dalam menciptakan value?
  8. Key Partnership : Siapa partner yang mendukung organisasi agar selalu kompetitif?
  9. Cost Structure : Apa saja faktor – faktor yang membentuk biaya yang harus dikeluarkan?

Kesembilan faktor tersebut sudah pernah saya jelaskan di artikel berjudul memetakan model bisnis dengan Business Model Canvas dan saya pun juga sudah pernah membuatkan video tutorial membuat BMC yang benar.

Sederhananya, BMC terdiri dari 3 bagian utama. Bagian tersebut adalah offering, customer, dan infrastructure. Adapaun gambar pembagian hal tersebut ada di bagian berikut ini,

3 aspek utama dalam BMC - offering, customer, infrastructure

3 aspek utama dalam BMC – offering, customer, infrastructure

Course Curriculum

Section 1: Introduction
Introduction to StartupsFREE 00:30:00
Introduction to entrepreneurial management 00:20:00
Section 2: The Ecosystem
Different types of entrepreneurship 00:30:00
Entrepreneurial Ecosystem and Legal Fundamentals 01:00:00
Section 3: Marketing Startups
Value proposition 00:40:00
Product development 00:25:00
Course Quiz 00:07:00
X
Skip to toolbar